Minggu, 17 Februari 2013

Cara Setting Custom White Balance Kamera DSLR


Terkadang saat berada disebuah ruangan yang memiliki pencahayaan yang kompleks ataupun saat berada di luar ruangan, memakai auto white balance maupun settingan bawaan white balance dari kamera (Tungsten, Fluorecent, Daylight, Cloudy, Flash maupun Shade) memberi temperatur cahaya yang tidak akurat. Nah dalam keadaan ini anda bisa menggunakan custom white balance (white balance manual preset di kamera Nikon), untuk memastikan akurasi white balance anda.


Bagaimana cara melakukan setting custom (preset) white balance secara benar?, ikuti langkah berikut ini:
Sebelum melakukan setting, anda membutuhkan kertas putih, baju putih maupun tembok putih, jadi carilah obyek tersebut. Kalau benda putih tidak tersedia anda bisa menggunakan benda berwarna abu-abu. Beberapa tas kamera memiliki bagian dalam abu-abu yang mendekati gray card, dan anda bisa menggunakannya.

Tempatkan kertas atau benda putih/abu-abu tersebut sehingga disinari cahaya yang kompleks dimana anda akan memotret. Posisikan didepan kamera sehingga kertas mengisi seluruh frame foto.
Set fokus di posisi manual focus, lalu ambil metering. Usahakan exposure yang berimbang (tidak under namun juga tidak over exposure). Lalu fotolah kertas atau obyek tersebut.
Langkah selanjutnya, saya ambilkan contoh untuk kamera Canon 60D:



\


  1. Tekan tombol Menu, gunakan Main Dial untuk menuju tab kedua Shooting Menu. Gunakan Quick Control Dial untuk scroll ke kebawah ke posisi Custom White Balance, lalu tekan tombol Set.
  2. Gunakan Quick Control Dial lalu scroll ke foto yang barusan anda ambil. Tekan tombol Set lalu pilih OK.

Untuk kamera Nikon, saya ambilkan contoh Nikon 3100D. Langkahnya:
  1. Pilih Preset Manual dari menu White Balance.
  2. Pilih Use Photo
  3. Akan muncul foto terbaru yang sudah anda ambil diatas, pilih Select Image
  4. Tekan OK untuk menggunakan foto tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar